Download Makalah Psikologi Pendidikan Pdf Creator

Psikologi sosial sempat dianggap tidak memiliki peranan penting, tapi kini hal itu mulai berubah. Dalam psikologi modern, psikologi sosial mendapat posisi yang penting. Psikologi sosial telah memberikan pencerahan bagaimana pikiran manusia berfungsi dan memperkaya jiwa dari masyarakat kita. Melalui berbagai penelitian laboratorium dan lapangan yang dilakukan secara sistematis, para psikolog sosial telah menunjukkan bahwa untuk dapat memahami perilaku manusia, kita harus mengenali bagaimana peranan situasi, permasalahan, dan budaya.

Download makalah dari jurnal pdf Hasil. Penyakit Diare PDF Cara Mencari Jurnal Internasional Pendidikan Cara Mendapatkan. Yamaha Tyros 5 Styles Software As A Service. Jurnal Psikologi Tentang Persepsi Pdf. Jan 27, 2013 Psikologi yang dipelajari secara praktis dapat dipraktekan dalam bermacam-macam bidang,misalnya dalam bidang pendidikan. MAKALAH PSIKOLOGI SOSIAL.

Walaupun terdapat banyak kesamaan, para ahli riset dalam bidang psikologi dan sosiologi cenderung memiliki perbedaan dalam hal tujuan, pendekatan, metode dan terminologi mereka. Mereka juga lebih menyukai dan yang berbeda. Periode kolaborasi yang paling utama antara para ahli sosiologi dan psikologi berlangsung pada tahun-tahun tak lama setelah Perang Dunia II. Walaupun ada peningkatan dalam hal isolasi dan spesialisasi dalam beberapa tahun terakhir, hingga tingkat tertentu masih terdapat tumpang tindih dan pengaruh di antara kedua disiplin ilmu tersebut. Psikologi sosial sebagai ilmu yang merupakan cabang ilmu pengetahuan psikologi pada umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial, seperti situasi kelompok,situasi massa dan sebagainya termasuk di dalamnya interaksi antara orang dan hasil kebudayanya. Psikologi sosial juga merupakan suatu ilmu pengetahuan baru dalam abad modern.

Download Makalah Psikologi Pendidikan Pdf Creator

Ilmu ini mulai di rintis pada tahun 1930 di amerika serikat dan kemudian juga di Negara-negara lain. Sebagai displin ilmu yang relatif baru dalam perkembangannya ia banyak menggunakan materi-materi yang sudah tersedia dalam disiplin ilmu sosial lainnya, seperti dari sosiologi dan antropologi misalnya konsep-konsep tentang norrna,sruktur social dan peran adalah konsep yang di ambil dari disiplin ilmu yang sudah lebih dahulu berkembang. Pengkajian psikologi social dan ruang lingkupnya akan dapat member gambaran tentang apa pengertian psikologi sosial dan apa saja yang menjadi objek dalam studinya. Mempelajari modul Psikologi Sosial dan Ruang Lingkupnya merupakan pangkal otakuntuk mengetahui lebih lanjut tentang prinsip-prinsip maupun proses yang tingkah laku seseorang sebagai mahluk sosial. Sebagaimana ilmu-ilmu yang lain,psikologi sosial bertujuan untuk mengerti suatu gejala atau fenomena.dengan mengerti suatu fenomena,kita dapat membuat peramalan-peramalan tentang kapan akan terjadinya fenomena tersebut dan bagaimana hal itu akan terjadi. Selanjutnya, dengan pengertian dan kemampuan peramalan itu,kita dapat mengendalikan fenomenaitu sampai batas-batas tertentu.

Inilah sebetulnya tujuan dari ilmu,termasuk psikologi sosial. (namun,tentu saja tidak selalu kalau kita bisa mengontrol suatu gejala maka kita sudah mengerti betul tentang gejala itu.

Seorang pengemudi mobil misalnya,dapat mengendalikan mobilnya tanpa ia mengrti betul tentang mekanisme yang menggerakkan mobil tersebut). Psikologi yang dipelajari secara praktis dapat dipraktekan dalam bermacam-macam bidang,misalnya dalam bidang pendidikan,dalam bidang indrusti atau perusahaan dan sebagainya.

Psikologi yang berusaha mempelajari jiwa manusia, ternyata banyak mendapat kesulitan,oleh karena objek penyelidikannya adlah abstrak,yang tidak dapat diselidiki secara langsung,tetapi diselidiki keaktifannya yang terlibat melalui manifestasi tingkah laku atau perbuatan. Dapat dimisalkan bila kita mempelajari tentang angina,objeknya sendiri secara langsung tidak dapat dilihat,namun dari keaktifannya,bila ada daun yang bergerak atau debu beterbangan,maka jelas ada,seperti itu pulalah bila kita mempelajari jiwa.

Sebelum mendapatkan makalah ilmu komunikasi, kita membahas dulu mengenai pengertian ilmu komunikasi. Dalam artian pragmatis (sederhana), memiliki artian yaitu ada yang dilakukan secara lisan, secara tatap muka, atau melalui media, baik media massa seperti surat kabar, radio, televisi, atau film, maupun media non massa, misalnya surat, telepon, papan pengumuman, media sosial, internet, poster, spanduk, dan sebagainya. Dalam konsep bahasa atau etimologis, berasal dari bahasa Latin communication dan perkataan ini bersumber pada kata communis. Arti kata sama makna, yaitu sama makna mengenai suatu hal. Komunikasi dalam artian terminologis merupakan proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.

Terjadinya adalah sebagai konsekuensi hubungan sosial ( social relations). Masyarakat paling sedikit terdiri dari dua orang yang saling berhubungan satu sama lain yang, karena berhubungan, menimbulkan interaksi sosial ( social interaction). Terjadinya interaksi sosial disebabkan interkomunikasi ( intercommunication). Secara global telah mengalamai perkembangan. Sejak era globalisasi, perkembangan teknologi informasi, berupa komunikasi data yang merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media Komunikasi Data. Adapun unsur unsur dalam komunikasi yaitu: Komunikator: orang yang menyampaikan pesan Pesan: ide atau informasi yang disampaikan Media: sarana komunikasi Komunikan: audience, pihak yang menerima pesan Umpan Balik (Feedback): respon dari komunikan terhadap pesan yang diterimanya Prospek dalam dunia kerja sangat lah besar.

Pada Awal Semester Materi yang akan dipelajari jurusan ilmu komunikasi adalah materi umum seperti pengantar ilmu komunikasi, ilmu politik, dan ilmu sosial, dalam Jurusan Ilmu komunikasi kita juga akan diajarin tentang ilmu penulisan. Para sarjana muda jurusan selalu dibutuhkan oleh industri marketing (pemasaran), dunia periklanan, media massa, televisi, radio, menjadi seorang jurnalis, pemegang jabatan hubungan masyarakat, konten maker, admin media sosial dan website, dan promotor event event tertentu. Banyak ruang lingkung pekerjaan yang bisa di tangani dan membutuhkan seorang sarjana ilmu komunikasi seperti kamu. Demikian artikel mengenai, kamu bisa mendapatkan materi seperti pengertian relasi publik, perkembangan pers di indonesia, dasar penyiaran pers era reformasi, permasalahan pengucapan, pemilihan media publisitas, dan hubungan relasi publik dengan pihak internal serta eksternal hanya di kosngosan.

4 Metode: Informasi yang didapatkan dari berkas PDF ( Portable Document Format) dapat Anda kutip dan tambahkan pada tulisan Anda. Berkas PDF dapat memuat teks atau media (bukan animasi) apa pun yang tersimpan di dalamnya. Gambar kartun, puisi Jepang atau Haiku, dokumen-dokumen pemerintahan, serta buku-buku lama dalam berbagai jilid dapat disimpan sebagai berkas PDF. Untuk tulisan-tulisan akademik, kemungkinan Anda akan membaca atau menggunakan artikel jurnal atau buku-buku elektronik ( e-book) yang disimpan dalam bentuk PDF. Oleh karena itu, artikel ini akan menunjukkan pada Anda cara mengutip dan memformat jurnal artikel atau buku elektronik yang berbentuk berkas PDF dalam tiga gaya pengutipan yang paling utama—MLA, APA, dan Chicago Manual of Style. Akan tetapi, terkadang (dan biasanya) Anda tidak harus menunjukkan atau menjelaskan bahwa kutipan yang Anda tambahkan pada tulisan Anda diambil dari berkas PDF.

Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang berkaitan dengan tulisan Anda. Baik untuk bibliografi atau pengutipan dalam teks, Anda perlu mengetahui informasi dasar mengenai pembuatan atau penulisan informasi asli yang ingin Anda kutip.

• Artikel jurnal: Anda perlu mencatat nama penulis, judul artikel, nama jurnal ilmiah, nomor volume, nomor keluaran, tanggal penerbitan, nomor halaman (pada salinan fisik), dan alamat situs artikel jurnal tersebut. • Buku elektronik: Anda perlu mengetahui nama penulis buku, judul buku, penerbit, lokasi penerbitan, tahun penerbitan, tanggal akses, serta situs yang memuat buku elektronik tersebut. Terkadang, penerbit buku fisik melempar atau memberi hak penerbitan buku elektronik pada penerbit lain.

Dalam hal ini, Anda juga perlu mencantumkan penerbit untuk buku elektronik tersebut. Secara singkat, Anda perlu mengetahui penerbit untuk buku tersebut, baik dalam bentuk fisik maupun elektronik. Pilihlah gaya pengutipan yang ingin digunakan. Gaya pengutipan yang paling umum digunakan dalam tulisan akademik atau profesional adalah MLA, APA, dan Chicago Manual of Style (terkadang disebut sebagai “Turabian” yang diambil dari nama editor yang mengusulkan gaya pengutipan tersebut). Pilihlah gaya pengutipan yang sesuai dengan bidang yang Anda geluti, atau yang diharuskan oleh kantor atau instansi Anda.

• Jika Anda mendalami bidang sastra, seni, atau ilmu humaniora, gunakan gaya pengutipan MLA. • Jika Anda mendalami bidang psikologi, pendidikan, linguistik, atau ilmu sosial lainnya, gunakan gaya pengutipan APA. Bidang jurnalistik dan komunikasi juga menggunakan gaya pengutipan yang sama.

• Gunakan gaya pengutipan Chicago Manual of Style jika Anda mendalami bidang sejarah, ilmu politik, ilmu informasi, atau jurnalistik dan komunikasi. Bidang penerbitan dan penyuntingan juga biasanya menggunakan gaya pengutipan tersebut. • Dalam beberapa kejadian, penerbit buku (atau penerbit jurnal) meminta penggunaan gaya pengutipan tertentu yang, sebetulnya, tidak lazim digunakan dalam bidang-bidang tertentu. Penerbit juga mungkin meminta Anda untuk menggunakan gaya atau petunjuk pengutipan yang dibuat atau dirancang oleh pihak penerbit sendiri. Oleh karena itu, gunakan gaya pengutipan apa pun yang memang cocok dengan tulisan Anda.

Masukkan sumber kutipan setelah Anda mencantumkan informasi yang dikutip. Untuk menghindari plagiarisme, Anda perlu memasukkan informasi kutipan pada tulisan Anda. Tujuan dicantumkannya informasi kutipan adalah untuk memberi tahu pembaca bahwa informasi yang ada pada tulisan Anda diambil dari penulis lain. Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan bahwa Anda memahami dan telah banyak membaca pustaka yang sudah ada dan tertarik untuk mengembangkan tulisan atau penelitian dari karya atau penelitian milik orang lain. • Penempatan dan jenis pengutipan pada tulisan akan bergantung pada gaya pengutipan yang digunakan. Pada artikel ini, terdapat contoh-contoh untuk setiap gaya pengutipan utama yang paling sering digunakan. Sesuaikan format bibliografi atau daftar pustaka Anda dengan tepat.

Pelajarilah cara memformat halaman bibliografi atau daftar pustaka dengan tepat. Anda perlu mengikuti petunjuk-petunjuk yang berbeda, tergantung pada gaya pengutipan yang Anda gunakan. Akan tetapi, secara umum, Anda perlu menyusun sumber-sumber yang digunakan secara alfabetis. • Penempatan judul, cara memformat judul, serta pemberian jarak antara setiap sumber yang dimasukkan berbeda, bergantung pada gaya pengutipan yang digunakan (apakah Anda menggunakan,, atau ). Cari tahu nama penulis sumber.

Untuk melengkapi pengutipan dengan gaya MLA, Anda perlu menyebutkan nama penulis dari berkas PDF yang digunakan dan nomor halaman yang memuat informasi yang bersangkutan (jika memungkinkan). Jika nama penulis disebutkan dalam penjelasan, Anda hanya perlu mencantumkan nomor halaman di dalam tanda kurung, setelah penjelasan atau kutipan ditulis. Sebagai contoh: Menurut Spiers, biaya pendidikan universitas dianggap terlalu tinggi (48). Jika tidak, sebutkan nama penulis dan nomor halaman di dalam tanda kurung, di akhir kalimat atau kutipan. Sebagai contoh: Ada yang berpendapat bahwa biaya pendidikan universitas terlalu tinggi (Spiers 48).

• Jika sumber kutipan ditulis oleh dua orang penulis, sebutkan nama akhir dari kedua penulis di dalam tanda kurung (dipisahkan dengan kata ‘dan’ atau ‘ and’), kemudian diikuti oleh nomor halaman. Misalnya: Seiring perkembangan manusia, anjing pun ikut mengalami perkembangan (Draper dan Simpson 68). • Jika terdapat lebih dari dua penulis, gunakan koma untuk memisahkan nama akhir setiap penulis, diikuti dengan nomor halaman.

Sebagai contoh: Menyulam sebenarnya perlu dipandang sebagai bentuk dari ‘seni murni’ (Kozinsky, King, dan Chappell 56). • Jika nama penulis artikel atau sumber tidak diketahui, cantumkan nama institusi yang menerbitkan berkas PDF tersebut.

Sebagai contoh: Dinosaurus telah punah berjuta-juta tahun yang lalu (Smithsonian 21). • Jika nama institusi yang menerbitkan sumber tidak disebutkan, Anda dapat menyebutkan judul teks atau sumber. Sebagai contoh: Menurut para ahli, minuman energi tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak (“Pengaruh konsumsi kafein” 102). • Pada pengutipan dalam teks dengan gaya MLA, Anda tidak perlu menyebutkan bahwa sumber yang digunakan berbentuk berkas PDF. • Pada kalimat, informasi kutipan (dalam tanda kurung) harus diletakkan sebelum titik atau penutup kalimat. Ini berlaku untuk semua, baik kutipan yang mencakup nama penulis, nama institusi, maupun yang tidak. Carilah nomor halaman yang memuat informasi yang diperlukan.

Beberapa buku elektronik dan berkas PDF dilengkapi dengan nomor halaman tetap yang tidak akan berubah, terlepas dari tampilan berkas atau buku pada layar atau gawai Anda. Jika dokumen yang digunakan dilengkapi dengan nomor halaman tetap, cantumkan nomor halaman yang memuat informasi yang diperlukan. Jika tidak ada nomor halaman, Anda tidak boleh menambahkannya sendiri. Sebagai gantinya, Anda dapat mencantumkan nomor bab atau subbab. • Sebagai contoh, untuk mengutip berkas PDF yang dibagi ke dalam beberapa bab, namun tidak dilengkapi dengan nomor halaman, Anda dapat mencantumkan nomor bab atau subbab dari informasi yang bersangkutan.

Sebagai contoh: Menurut Blankenship, asupan kafein perlu dibatasi menjadi 200 miligram per hari (bab 2). • Jika berkas PDF atau buku elektronik tidak dibagi ke dalam beberapa bab atau bagian terpisah, kutip sumber sebagai berkas secara keseluruhan dan jangan cantumkan nomor halaman. Sebagai contoh: Penelitian Blankenship mengenai konsumsi kafeina, “Too Jittery, Joe?” menunjukkan bahwa asupan kafeina perlu dibatasi menjadi 200 miligram per hari. Cantumkan berkas PDF buku elektronik Anda pada bibliografi menggunakan gaya pengutipan MLA. Berdasarkan panduan gaya pengutipan MLA, Anda perlu menunjukkan atau menjelaskan jenis berkas elektronik (dalam hal ini, buku elektronik atau artikel jurnal) yang diakses, seperti “Berkas PDF” atau “Berkas Kindle”.

• Format dasar untuk sumber yang dicantumkan pada bibliografi dengan gaya pengutipan MLA adalah sebagai berikut: Nama akhir penulis, Nama awal penulis. Lokasi penerbitan: Penerbit, Tahun penerbitan. Penerbit buku elektronik, Tahun penerbitan buku elektronik. Jenis berkas.

• Sebagai contoh: Smith, John. The Fantastic Novel. London: Great Publishing House, 2010. Google Books, 2011. 1 Desember 2012 • Jika buku elektronik yang digunakan bukan berbentuk berkas PDF, cantumkan jenis berkas dari buku tersebut. Sebagai contoh: Smith, John. The Fantastic Novel.

London: Great Publishing House, 2010. Berkas Kindle. Cantumkan berkas PDF artikel jurnal Anda pada bibliografi menggunakan gaya pengutipan MLA. Pada halaman bibliografi atau daftar pustaka, cantumkan artikel-artikel jurnal yang diakses dari basis data di internet dengan menunjukkan informasi penerbitan, seperti halnya informasi yang perlu dicantumkan untuk artikel-artikel yang dicetak. Informasi ini diikuti oleh nama basis data yang memuat artikel dan mediumnya (mis. Situs jejaring), serta tanggal akses berkas.

• Format dasar untuk pengutipan artikel jurnal dalam bentuk berkas PDF adalah: Nama akhir penulis, Nama awal penlis. “Judul artikel”. Judul Jurnal Nomor volume. Nomor keluaran (Tanggal penerbitan): nomor halaman. Nama basis data.

Tanggal akses. • Sebagai contoh: Doe, Jane. “Interesting Citation Article.” Journal of Citation Information 4.7 (2006): 82-5. Academic Access Premier. 20 November 2012.